IKUTI
  • 2 tahun yang lalu / Palugada Trans Promo Bulan ini, Agustus 2021` Banyak discount di semua jenis pilihan sewa mobil
5 Destinasi Wisata Bali Timur yang Wajib Anda Kunjungi

5 Destinasi Wisata Bali Timur yang Wajib Anda Kunjungi

Oleh : palugadatrans - Kategori : Blog Kami
7
Okt 2021

Wisata Bali Timur memang tak begitu se-hype wisata Bali Selatan. Jika berbicara tentang Bali Timur, maka Karangasem merupakan satu-satunya kabupaten yang bisa kita ‘ulik’ pesona wisatanya. Tapi, meskipun Anda hanya akan mengunjungi satu  kabupaten ini, Anda tidak akan bosan untuk main-main di Bali Timur, kok!

Pasalnya, Bali Timur punya segalanya: dari pantai hingga wisata budaya peninggalan kerajaan, komplet! Penasaran lokasi wisata mana saja yang dimaksud? Berikut penjelasannya. 

1.     Pantai Bias Tugel

Pantai Bias Tugel merupakan salah satu pantai yang berlokasi di bagian timur pulau seribu pura ini. Pantai ini dekat dengan kawasan Pelabuhan Padang Bai, jadi Anda tidak perlu susah-susah mencari arah saat berkunjung ke pantai ini.

wisata-bali-timur

Meski untuk menemukan lokasi pantai ini bisa dikatakan mudah, akses menuju lokasi (dari tempat parkir) tidak semudah yang dibayangkan. Anda harus berjalan ke lokasi dengan menempuh jalan tanah yang menurun.

Akan tetapi, usaha tak akan mengkhianati hasil. Sesampainya di pantai, pasir putih akan menyambut Anda dengan hangat. Riuh debur ombak yang berjumpa dengan batuan karang tampak begitu memanjakan mata. Jika Anda ingin bersantai tanpa harus berdesakan dengan banyak orang, pantai ini benar-benar the hidden gem yang cocok buat Anda! 

2.     Tirta Gangga

Tirta Gangga merupakan istana peninggalan Kerajaan Karangasem yang menjadi rekomendasi destinasi wisata Bali Timur selanjutnya. Dari namanya, tampak jelas bahwa lokasi ini berkaitan erat dengan air. Meski begitu, tempat ini bukan kolam renang atau pemandian.

wisata-bali-timur

Daya tarik Tirta Gangga terletak pada keindahan arsitektur bangunannya yang Bali banget. Tak hanya itu, Tirta Gangga juga dilengkapi dengan sejumlah kolam yang eksotis dan Instagrammable. Anda juga akan menjumpai sejumlah patung yang berdiri di atas kolam, yang seakan memperkuat kesan ‘istana air’ pada lokasi ini.

Bagi Anda yang gemar berburu selfie atau foto lanskap, siap-siap bawa tambahan memori kamera, ya! Dari lokasi ini, Anda bisa melihat bukit pun menjadikannya sebagai latar foto. Kolam, patung, dan bangunan yang berdiri di sini begitu cantik dan rasanya sayang sekali kalau tidak ‘dijepret’.

3.     Pantai Tulamben

Jangan kecewa jika Anda tidak disambut hamparan pasir putih seperti di Bias Tugel. Pasalnya, daya tarik pantai ini ada di keindahan bawah lautnya yang begitu memesona. Jadi, tak heran jika Pantai Tulamben jadi lokasi wisata Bali Timuryang disebut-sebut sebagai surganya para penyelam.

wisata bali timur

Barisan terumbu karang dan kekayaan biota laut lain masih terjaga dengan baik di sini. Mau diving bareng penyu? Bisa, kok! Tak jarang pula Anda akan menjumpai segerombolan ikan yang berenang bersama, hingga ikan-ikan yang ‘akrab’ sekali dengan anemon laut. Bahkan ada juga lho, patung-patung tenggelam yang dapat dijumpai di sini.

Nah, jika Anda berminat untuk diving di Tulamben, memang dana yang perlu Anda siapkan cukup besar. Siapkan dana paling tidak Rp500.000,00 hingga Rp1.000.000,00 jika Anda berminat untuk mengenal keindahan laut timur Bali dari pantai ini.

4.     Pura Lempuyang Luhur

Tidak jauh dari Tirta Gangga, Anda bisa mengunjungi Pura Lempuyang Luhur. Pura ini berlokasi di ketinggian 1.175 mdpl. Uniknya, untuk mencapai puncak pura, Anda perlu menaiki 1.700 anak tangga. 

wisata karangasem

Anda akan menyaksikan pemandangan Gunung Agung lebih jelas di puncak. Selain itu, gerbang pada bagian atas Pura Lempuyang ini kerap dijadikan sebagai latar foto. Wisatawan asing pun sering menyebut gerbang ini sebagai Gates of Heaven. Pemandangannya begitu cantik—apalagi jika Anda datang sekitar waktu sunset. 

Meski tampak susah untuk menaiki ribuan anak tangga untuk mencapai puncak pura, pemandangan yang akan disajikan pasti bisa membayar ‘tunai’ lelah Anda. Dijamin, deh!

5.     Taman Sukasada

Sering juga disebut sebagai Istana Air Taman Ujung, Taman Sukasada juga merupakan peninggalan Kerajaan Karangasem. Lalu, apa saja yang dapat Anda jumpai di taman ini?

Mulai dibangun pada tahun 1909, Taman Sukasada dibangun dengan menggabungkan tiga macam arsitektur bangunan: Bali, Eropa, dan Cina. Dengan keindahan arsitekturnya ditambah dengan banyaknya kolam di lokasi ini, Taman Sukasada dijuluki sebagai waterpaleis, alias istana air.

wisata bali timur

Meski hanya tinggal 10 hektare dari luas awal 400 hektare, taman ini masih tetap memikat dan seringkali dijadikan sebagai rujukan destinasi wisata Bali Timur. Taman yang eksotis dengan ratusan jenis tumbuhan begitu terawat dengan baik di spot wisata ini. Terlebih lagi, Anda akan mendapatkan view bangunan antik di atas kolam yang luas. 

Tak hanya itu, view pegunungan pun dapat Anda saksikan di spot wisata yang berada di kawasan Tumbu, Karangasem ini. Dengan begitu banyak pesona yang ditawarkan, jangan lupa untuk membawa kamera saat berkunjung. Pastikan memori kamera masih cukup, ya! 

Nah, untuk membuat momen travelling menuju wisata Bali Timur Anda lebih menyenangkan, tentu Anda harus menyiapkan sarana transportasi yang nyaman dan sesuai budget. Tak perlu pusing, Palugadatransport.id punya solusinya untuk Anda. Anda bisa menyewa mobil sesuai dengan tipe yang Anda inginkan dan budget yang Anda miliki. Tak perlu ragu lagi—Palugada Trans sudah berpengalaman dan dipercaya ratusan wisatawan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. 

0 Komentar

Jam Buka

Senin     : 08.00-20.00
Selasa    : 08.00-20.00
Rabu      : 08.00-20.00
Kamis    : 08.00-20.00
Jumat    : 08.00-20.00
Sabtu     : 08.00-17.00
Minggu : 09.00-17.00

Kontak

Kantor    : +623614469704
Komang : +6287761004644
Kadek     : +628113888152

×

Admin Suport 24 Jam

× Tanyakan Discount